You are here

MENEMUKAN ISTIRAHAT DALAM IKATAN KELUARGA

joashlorenzo's picture
Submitted by joashlorenzo on July 31, 2021 - 11:00am
Podcast: 

Podcast by AWR Indonesia - Radio Advent Suara Pengharapan

adventbenhil.org : Pelajaran Sekolah Sabat Dewasa -

Pelajaran Sekolah Sabat Dewasa

 

PELAJARAN 6

31 JULI - 6 AGUSTUS

MENEMUKAN ISTIRAHAT DALAM IKATAN KELUARGA 

SABAT PETANG 

Untuk Pelajaran Pekan Ini Bacalah: Kej 34, Ibr 11: 17-22: Ul 4: 29: 1 Yoh. 3: 1, 2: Kej. 39: Ef, 6: 1-13 

Ayat Hafalan: “Tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, kamu telah mengetahui hal ini sebelumnya. Karena itu waspadalah, supaya kamu jangan terseret ke dalam kesesatan orang-orang yang tak mengenal hukum, dan jangan kehilangan peganganmu yang teguh. Tetapi bertumbuhlah dalam kasih karunia dan pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus. Bagi-Nya kemuliaan, sekarang dan sampai selama-lamanya” (2 Pet. 3: 17, 18). 

Pria muda itu dengan hati-hati mengamati cakrawala. Kemudian, akhirnya, dia melihat mereka. Dia telah mencari saudara-saudaranya selama berhari-hari. Ketika dia mendekat, melambaikan tangan dan memanggil kelompok berwajah suram itu, dia mendapatkan segalanya kecuali sambutan hangat. Saudara-saudaranya sendiri sebenarnya ingin membunuhnya. Jika bukan karena Ruben, mungkin tidak ada cerita untuk diceritakan. Ruben meyakinkan saudara-saudaranya untuk sedikit memperlakukan dia dengan kasar dan melemparkannya ke sumur kering. Belakangan, Yehuda datang dengan skema besar untuk menyingkirkannya dan menghasilkan sedikit uang juga, dengan menjualnya kepada beberapa pedagang budak yang lewat. 

Satu contoh penyelewengan fungsi keluarga! 

Kita bisa memilih banyak hal dalam hidup, tetapi bukan keluarga kita. Tidak ada yang sempurna, dan tidak satu pun dari antara kita memiliki keluarga yang sempurna dan hubungan keluarga yang sempurna. Beberapa dari kita diberkati oleh orang tua, saudara kandung, dan anggota keluarga lainnya yang mencerminkan kasih Allah, tetapi banyak yang harus puas terhadap kurang dari yang ideal. Hubungan keluarga sering kali rumit dan menyakitkan, membuat kita gelisah, terluka, dan membawa banyak beban emosional yang kita, pada gilirannya, lepaskan dari diri orang lain. 

Bagaimana kita dapat menemukan istirahat Tuhan dalam bidang ini dari kehidupan kita? Pekan ini kita beralih ke kisah Yusuf dan ikatan keluarganya untuk menyaksikan Allah bekerja membawa kesembuhan dan istirahat emosional meskipun hubungan keluarga tidak berfungsi. 

*Pelajari pelajaran pekan ini untuk persiapan Sabat, 7 Agustus

Facebook comments